Mitos dalam Roland Barthes

Sabtu, 2 Desember 2023 saya kembali menggelar konsultasi skripsi online dengan seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Mahasiswa ini menghubungi saya melalui DM instagram setelah menonton VT saya di TikTok: @dunia.dosen. Ia menghubungi saya sudah larut malam, di mana esoknya ia akan mengikuti ujian.

Saya tidak bisa banyak membantunya karena waktu yang sudah sangat terbatas.

Akhirnya kami sepakat bahwa ia coba untuk mempersiapkan ujian dengan “bahan” yang saya jelaskan melalui video-video saya.

Bahkan pagi harinya, saat saya membalas pesannya lagi, ia mengatakan sedang mengikuti ujian yang digelar secara online.

Akhirnya kami sepakat bahwa setelah ia ujian nanti, kami akan membahas skripsinya, sesuai dengan masukan dari dosen pengujinya. Jadi, ini semacam revisi awal sebelum nantinya ia maju ke sidang skripsi yang sesungguhnya.

Rekan diskusi saya ini membuat penelitian semiotika tentang film “Ngeri-Ngeri Sedap”, menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes.

Tapi, ia masih bingung untuk menentukan mitos paling tepat yang termuat dalam film tersebut. Ia masih banyak terjebak antara makna denotasi dan makna konotasi, sebuah pendekatan semiotik yang sangat khas Barthes.

Kami pun banyak membahas bagaimana memahami mitos dalam semiotika Barthes. Tentu saja mitos dalam Barthes sedikit berbeda dengan mitos yang berkembang dalam masyarakat kita.

Mitos dalam Barthes merujuk pada hal-hal yang merupakan konsensus bersama, berlaku dalam sebuah masyarakat dalam waktu dan periode waktu tertentu.

Untuk penjelasan tentang mitos ini, saya sudah membuat tulisan tentang bagaimana memahami mitos dalam Roland Barthes. Silakan Anda membacanya di artikel berikut ini: Memahami Mitos dan Ideologi dalam Semiotika Roland Barthes.

Bila Anda punya pertanyaan atau ingin konsultasikan skripsi Anda, silakan menghubungi saya melalui kontak yang ada di blog saya ini atau via massage di akun TikTok: @dunia.dosen.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *