Semiotika John Fiske
Kelas Daring: Semiotika John Fiske (Sesi 4)
Kelas Malam

Suatu ketika, seorang mahasiswa menghubungi saya dan minta bantuan untuk menjelaskan kepadanya tentang mitos dalam semiotika Roland Barthes.

Katanya, ia belum paham persis yang dimaksud Barthes dengan mitos dalam semiotikanya.

Sembati itu, ia menjelaskan bahwa ia akhirnya pakai semiotika Barthes karena saat ujian proposal dosen pengujinya mati-matian menegaskan bahwa semiotika John Fiske itu tidak ada.

Karena itu ia dianjurkan agar mengganti pendekatan semiotika yang sudah ia pakai, John Fiske, dengan semiotika Roland Barthes.

Saat mendengar “curhatan” mahasiswa tersebut, saya ikut iba. Kok bisa dosen yang menguji skripsi/penelitian semiotika tapi nggak tahu kalau semiotika John Fiske itu ada? Sungguh memalukan.

Saya mengerti. Tidak semua dosen semiotika akan tahu semua tokoh yang pernah atau menyusun pendekatan semiotikanya.

Namun, dosen tersebut tidak perlu meng-ultimatum mahasiswa untuk ganti tokoh semiotika hanya karena dia tidak tahu kalau ada tokoh semiotika itu. Kan bisa dia baca dulu.

Curhatan ini saya dengan hampir dua bulan setelah saya membuat sebuah tulisan/artikel tentang pendekatan semiotika menurut John Fiske. Saya sudah publis di blog ini. Silakan dibaca: Kelas Daring: Semiotika John Fiske (Sesi 4).

Dan, di sesi 4 dari Kelas Daring ini, kita akan membahas tentang Semiotika John Fiske. Jadwal, silakan cek di TikTok @dunia.dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *