Mahasiswi UPN Vetetan Yogyakarta
Bimbingan Skripsi Online: Tidak Mudah Memilih Saussure atau Barthes
Konsultasi

Kamis, 25 Januari 2025 malam, saya punya jadwal ngobrol dengan seorang kawan mahasiswi dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Jadi ceritanya saya memberikan bimbingan skripsi online.

Pulang dari kampus, istirahat sejenak, lalu lanjut diskusi dengan teman saya ini. Dan teman-teman sudah tahu, pasti tentang semiotika.

Awal diskusi sangat menarik. Dimulai dari opsi: apakah lebih tepat memakai semiotika Saussure atau semiotika Barthes?

Sebetulnya, saya sangat menghindari pertanyaan seperti ini. Dasar pertimbangannya sederhana. Kamu yang tahu apa yang akan kamu teliti, kamu yang tahu ke mana kamu mau pergi melalui penelitianmu.

Jadi, jangan tanyakan itu ke saya karena saya pun tidak punya jawabannya.

Beruntung teman diskusi saya malam ini sebetulnya sudah tahu alasan mengapa ia pikir Saussure kok tampaknya cocok, tapi Barthes sepertinya lebih pas.

Ternyata, ia hanya butuh partner diskusi untuk meyakinkannya bahwa setelah ditimbang dengan matang-matang, Barthes lebih cocok.

Meski ia belum menguasai sepenuhnya bagaimana mengeksekusi semiotika Barthes ini dalam sebuah penelitian, namun ia sudah memperlihatkan jejak dan arahnya.

Jadi, tugas saya hanya membantu agar jejak dan arah tersebut jadi lebih jelas dan tentu saja sedikit memberikan dekorasi di sana-sini supaya tampak lebih indah dan elegan.

Menurut saya, idealnya ketika membuat bimbingan skripsi online haruslah seperti ini. Mahasiswa yang ingin berdiskusi pun sudah punya pegangan.

Dengan demikian, apa yang hendak dan akan dibicarakan tidak berangkat dan bergerak di ruang kosong.

Jadi gimana, apakah selanjutnya kita mendiskusikan tema skripsi atau jurnalmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *